Prabali, Luh Ayu Ratna Sawitri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA MONOPOLY PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V DI SD NEGERI 4 PELIATAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031004-COVER.pdf Download (981kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031004-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (91kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031004-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Keikutsertaan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa siswa Kelas V pasif dalam pembelajaran tematik terpadu dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang tersedia di sekolah. Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran sederhana monopoly pada subtema organ gerak hewan yang dapat membantu siswa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu validitas media pembelajaran sederhana monopoly yang diuji oleh ahli, serta uji praktisi untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap media yang dikembangkan. Data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan data kuantitaif. Analisis data menggunakan analisis tematik dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) rancang bangun media monopoly yang dikembangkan dengan model ADDIE, (2) hasil analisis uji validitas dari ahli materi, ahli media dan desain pembelajaran memperoleh skor tertinggi sebesar 1 dengan kategori sangat valid dan skor terendah sebesar 0,75 dengan kategori valid. (3) hasil respon praktisi (guru), media monopoly memperoleh persentase 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (4) hasil respon siswa, media monopoly memperoleh persentase 95,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sederhana monopoly subtema organ gerak hewan kelas V SD sudah valid dan berkualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, validitas, media monopoly, model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Ayu Ratna Sawitri Prabali |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 14:07 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 14:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7265 |
Actions (login required)
View Item |