PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERORIENTASI HOTS PADA MUATAN IPA TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR

Arthadewi, Ni Made Rara Indah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERORIENTASI HOTS PADA MUATAN IPA TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031243-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031243-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031243-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031243-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031243-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031243-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031243-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031243-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031243-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar berorientasi HOTS kelas V pada muatan IPA Tema 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu (1) Define (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Instrumen penilaian hasil belajar berorientasi HOTS pada muatan IPA Tema 6 yang digunakan adalah instrumen berupa tes pilihan ganda (objektif). Hasil validitas isi mendapatkan rata-rata 1,00, artinya instrumen ini memiliki validitas isi yang sangat tinggi. Hasil dari validitas butir yang dilakukan dengan taraf signifikansi 5% mendapatkan rtabel= 0.2335 terdapat 2 soal yang drop (tidak valid). Hasil perhitungan koefisien reliabilitas 28 butir soal diperoleh r11 = 0.7124 hal ini menunjukkan bahwa soal ini merupakan soal yang reliabilitas tinggi. Pada daya beda didapatkan 1 butir instrumen dengan kriteria baik, 6 butir instrumen termasuk daya beda baik, 21 butir instrumen termasuk daya beda cukup baik, 1 butir instrumen termasuk daya beda tidak baik dan 1 butir instrumen dengan kriteria sangat kurang baik. Hasil analisis tingkat kesukaran soal yang dilakukan didapatkan 2 butir instrumen termasuk kategori mudah, 27 butir instrumen termasuk kategori sedang, dan 1 butir instrumen termasuk kategori sukar (Pp = 0.2898), pada kualitas pengecoh semua soal (30 butir) mempunyai pengecoh yang baik, pengecoh dikatakan berfungsi bila dipilih oleh minimal 5% dari jumlah siswa yang mengikuti tes. Hasil uji tersebut, menunjukkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar IPA adalah sebanyak 28 soal dan layak digunakan untuk melakukan penilaian kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian; hasil belajar IPA; HOTS ; model 4D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Rara Indah Arthadewi
Date Deposited: 24 Jul 2021 08:58
Last Modified: 24 Jul 2021 08:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7267

Actions (login required)

View Item View Item