Arthadewi, Ni Made Rara Indah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERORIENTASI HOTS PADA MUATAN IPA TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031243-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031243-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031243-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031243-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031243-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031243-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031243-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031243-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031243-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar berorientasi HOTS kelas V pada muatan IPA Tema 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development), model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu (1) Define (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Instrumen penilaian hasil belajar berorientasi HOTS pada muatan IPA Tema 6 yang digunakan adalah instrumen berupa tes pilihan ganda (objektif). Hasil validitas isi mendapatkan rata-rata 1,00, artinya instrumen ini memiliki validitas isi yang sangat tinggi. Hasil dari validitas butir yang dilakukan dengan taraf signifikansi 5% mendapatkan rtabel= 0.2335 terdapat 2 soal yang drop (tidak valid). Hasil perhitungan koefisien reliabilitas 28 butir soal diperoleh r11 = 0.7124 hal ini menunjukkan bahwa soal ini merupakan soal yang reliabilitas tinggi. Pada daya beda didapatkan 1 butir instrumen dengan kriteria baik, 6 butir instrumen termasuk daya beda baik, 21 butir instrumen termasuk daya beda cukup baik, 1 butir instrumen termasuk daya beda tidak baik dan 1 butir instrumen dengan kriteria sangat kurang baik. Hasil analisis tingkat kesukaran soal yang dilakukan didapatkan 2 butir instrumen termasuk kategori mudah, 27 butir instrumen termasuk kategori sedang, dan 1 butir instrumen termasuk kategori sukar (Pp = 0.2898), pada kualitas pengecoh semua soal (30 butir) mempunyai pengecoh yang baik, pengecoh dikatakan berfungsi bila dipilih oleh minimal 5% dari jumlah siswa yang mengikuti tes. Hasil uji tersebut, menunjukkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar IPA adalah sebanyak 28 soal dan layak digunakan untuk melakukan penilaian kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian; hasil belajar IPA; HOTS ; model 4D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Rara Indah Arthadewi |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 08:58 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 08:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7267 |
Actions (login required)
View Item |