Nareswari, Ni Luh Putu Sri Radha (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 1 BATURITI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031122-COVER.pdf Download (737kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031122-ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031122-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031122-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031122-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031122-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (433kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031122-LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan observasi yang dilakukan antara lain: siswa kurang memahami materi matematika, LKPD yang digunakan minim penjelasan materi, dan LKPD kurang kontekstual dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika materi menentukan keliling dan luas bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga di kelas IV SD serta mengetahui validitas produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Matematika di Kelas IV SD. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Adapun nilai yang diperoleh yaitu: uji ahli mata pelajaran dosen matematika mendapatkan nilai 92%, uji ahli mata pelajaran guru matematika mendapatkan nilai 97,3%, uji ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 90,9%, dan uji coba perorangan mendapatkan rata – rata nilai 96%. Dari keseluruhan nilai tersebut, dapat dikualifikasikan dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD berbasis kontekstual, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Sri Radha Nareswari |
Date Deposited: | 24 Jul 2021 09:22 |
Last Modified: | 24 Jul 2021 09:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7296 |
Actions (login required)
View Item |