DEVELOPING POWTOON ANIMATION VIDEO AS ENGLISH TEACHING AND LEARNING MEDIA TO SUPPORT SECOND GRADE STUDENTS AUTONOMOUS LEARNING

Firman, Muhammad (2021) DEVELOPING POWTOON ANIMATION VIDEO AS ENGLISH TEACHING AND LEARNING MEDIA TO SUPPORT SECOND GRADE STUDENTS AUTONOMOUS LEARNING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021014-COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021014-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021014-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi PowToon sebagai media belajar-mengajar bahasa Inggris untuk mendukung pembelajaran autonomi siswa kelas 2 di SD Lab UNDIKSHA pada saat pembelajaran daring di semester ganjil. Peneliti menggunakan metode Desain dan Pengembangan dalam penelitian ini. Model ADDE yang dikemukakan oleh Richey & Klein (2007) dipilih sebagai model dan pengembangan. Data diperoleh melalui wawancara, analisis silabus, penyebaran kuisioner, dan rubrik penilaian akhir. Pada hasil akhir penelitian ini, dibuatlah video animasi pendidikan dalam bentuk produk purwa-rupa berdasarkan karakteristik dari pelajar autonomi, hasil wawancara guru dan siswa, dan silabus siswa kelas dua. Topik buah�buahan, sayuran, benda-benda di dalam kelas, dan angka-angka dikembangkan menjadi video animasi PowToon. Hasil dari rubrik penilaian ahli untuk aspek materi dan media menghasilkan video yang tergolong sebagai media yang sangat baik. Ditemukan bahwa penerapan video PowToon dapat membantu guru dalam mengajar bahasa Inggris melalui pembelajaran online. Selain itu, video Powtoon dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi, minat, dan keberanian dalam belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar-Mengajar, PowToon, Pembelajaran Autonomi, Pelajar Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Muhammad Firman
Date Deposited: 24 Jul 2021 11:17
Last Modified: 24 Jul 2021 11:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7304

Actions (login required)

View Item View Item