Mahendra, Kadek Agus Toni (2021) AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF FORMATIVE ASSESSMENT IN ONLINE LEARNING AT SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021132-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021132-ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021132-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (411kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021132-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 KAJIAN TEORI)
1712021132-BAB 3 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021132-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021132-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021132-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021132-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF FORMATIVE ASSESSMENT IN ONLINE LEARNING AT SMP NEGERI 1 SINGARAJA Oleh: Kadek Agus Toni Mahendra, NIM 1712021132 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja E-mail:tonimahendra3855@gmail.com ABSTRAK Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan praktik penilaian formatif guru bahasa Inggris dalam pembelajaran online di SMP Negeri 1 Singaraja. Lima guru bahasa Inggris di SMP N 1 Singaraja berpartisipasi sebagai subjek penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara. Studi ini menemukan bahwa semua guru bahasa Inggris sudah baik dalam mengintegrasikan perencanaan penilaian formatif ke dalam rencana pelajaran mereka. Guru menyiapkan contoh dan pertanyaan otentik sebagai cara untuk berbagi aspek perencanaan penilaian formatif dengan siswa yaitu tujuan pembelajaran. Dari segi praktik, guru membagi pembelajaran menjadi dua, yaitu pembelajaran sinkron dan pembelajaran asinkron. Guru menggunakan beberapa teknik formatif yaitu Teknik menanya, ulangan harian, diskusi daring, penugasan, dan penilaian diri. Selain itu, para guru menggunakan beberapa media untuk menerapkan penilaian formatif dalam pembelajaran daring, seperti Zoom, Google meet, Buleleng Education Expose (BEE), Google Classroom, dan WhatsApp. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa beberapa dimensi penilaian formatif yang masih perlu diperhatikan dan ditingkatkan yaitu penyampaian tujuan pembelajaran, kriteria keberhasilan dan penerapan penilaian teman sejawat untuk memaksimalkan potensi manfaat penilaian formatif dalam pembelajaran daring. Kata Kunci: peneliaian formatif, pembelajaran daring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peneliaian formatif, pembelajaran daring |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Agus Toni Mahendra |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 04:05 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 04:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7377 |
Actions (login required)
View Item |