Korelasi Antara Gaya Belajar Dan Pemanfaatan Media Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Gugus Vi Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2020/2021

Astiti, Nyoman Dewi (2021) Korelasi Antara Gaya Belajar Dan Pemanfaatan Media Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Gugus Vi Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031297-COVER.pdf

Download (392kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031297-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711031297-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711031297-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711031297-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031297-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1711031297-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031297-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031297-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar IPA, korelasi yang signifikan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar IPA, korelasi yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar IPA, korelasi yang signifikan pemanfaatan media belajar terhadap hasil belajar IPA, dan korelasi yang signifikan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik, dan pemanfaatan media belajar terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu expost facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah156 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini berjumlah 132 siswa. Analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif data dan analisis statistik inferensial yaitu analisis uji prasyarat diantaranya uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Kemudian, dilakukan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dihitung dengan IBM SPSS Statistics 17.0, maka dapat diketahui: (1) terdapat korelasi yang signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar IPA dengan rx1y = 0,364 dengan koefisien determinasi 13,3%; (2) terdapat korelasi yang signifikan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar IPA dengan rx2y = 0,467 dengan koefisien determinasi 21,9%; (3) terdapat korelasi yang signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar IPA dengan rx3y = 0,458 dengan koefisien determinasi 21%; (4) terdapat korelasi yang signifikan pemanfaatan media belajar terhadap hasil belajar IPA dengan rx4y = 0,249 dengan koefisien determinasi 6,2%; dan (5) terdapat korelasi yang signifikan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dan pemanfaatan media belajar terhadap hasil belajar IPA dengan rx1,2,3,4y = 0,626 dengan koefisien determinasi 37,3%. Hasil analisis data menunjukkan nilai rhitung > rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0,171. Sehingga dapat diketahui H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima, maka dapat diambil kesimpulan terdapat korelasi signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar IPA, terdapat korelasi signifikan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar IPA, terdapat korelasi signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar IPA, terdapat korelasi signifikan pemanfaatan media belajar terhadap hasil belajar IPA, dan secara simultan terdapat korelasi signifikan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik, dan pemanfaatan media belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Gugus VI Kecamatan Gerokgak. Sehingga, gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dan pemanfaatan media belajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA yang diperoleh oleh siswa. Saran yang bisa diberikan untuk kepala sekolah yaitu mendukung ketersediaan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran, bagi guru disarankan untuk lebih meningkatkan perhatian terhadap gaya belajar siswa dalam proses belajar dan memanfaatkan media belajar, bagi orangtua disarankan meningkatkan pengawasan anak pada saat belajar di rumah, bagi siswa disarankan untuk meningkatkan kesadaran terkait gaya belajar yang dimiliki, dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan lebih mendalam terkait dengan hasil belajar IPA, gaya belajar, dan pemanfaatan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Siswa, Pemanfaatan Media Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Nyoman Dewi Astiti
Date Deposited: 25 Jul 2021 23:21
Last Modified: 25 Jul 2021 23:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item