ANALISIS BAHASA PERSUASIF DALAM CAPTION ENDORSEMENT SELEBGRAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP

Dewi, Ni Putu Santri Sintia (2021) ANALISIS BAHASA PERSUASIF DALAM CAPTION ENDORSEMENT SELEBGRAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011034-COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011034-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011034-LAMPIRAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

ANALISIS BAHASA PERSUASIF DALAM CAPTION ENDORSEMENT SELEBGRAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMP Oleh Ni Putu Santri Sintia Dewi 1712011014 Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah ABSTRAK Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentukbentuk bahasa persuasif dalam caption endorsement selebgram, (2) teknik persuasif dalam caption endorsement selebgram, dan (3) relevansi caption endorsement selebgram dengan pembelajaran teks iklan pada jenjang SMP. Subjek dalam penelitian ini adalah caption endorsement selebgram Fadil Jaidi, Rachel Vennya, dan Hanna Maria Winanta. Objek penelitian ini adalah bahasa persuasif dalam caption endorsement selebgram terhadap pembelajaran teks iklan di SMP. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) caption endorsement selebgram menggunakan empat macam bentuk bahasa persuasif yang terdiri atas bentuk bahasa persuasif berupa ajakan sebanyak 8 kutipan, bahasa persuasif berupa anjuran atau saran sebanyak 7 kutipan, bahasa persuasif berupa perintah sebanyak 14 kutipan, dan bahasa persuasif berupa penegasan sebanyak 5 kutipan; (2) caption endorsement selebgram menggunakan lima teknik persuasif yang terdiri atas teknik asosiasi sebanyak 8 kutipan, teknik integrasi sebanyak 3 kutipan, teknik hadiah sebanyak 6 kutipan, teknik tanpa hadiah sebanyak 28 kutipan, dan teknik red hearing sebanyak 6 kutipan; dan (3) caption endorsement selebgram memiliki relevansi dengan pembelajaran teks iklan pada jenjang SMP. Hal ini dibuktikan oleh keterkaitan caption endorsement selebgram dengan kompetensi dasar pembelajaran teks iklan kelas VIII. Selain itu, keterkaitan dibuktikan dari aspek materi pembelajaran teks iklan tentang struktur dan kebahasaan. Kata kunci: bahasa persuasif, caption endorsement selebgram, teks iklan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahasa persuasif, caption endorsement selebgram, teks iklan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Putu Santri Sintia Dewi
Date Deposited: 25 Jul 2021 05:10
Last Modified: 25 Jul 2021 05:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7403

Actions (login required)

View Item View Item