Penerapan Bahan Ajar Sains Berbasis Kearifan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA 7 di SMA Negeri 2 Singaraja

Rosadi, Putu Rima Elda (2019) Penerapan Bahan Ajar Sains Berbasis Kearifan Budaya Lokal untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA 7 di SMA Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313021031-COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313021031-ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (591kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1313021031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1313021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1313021031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313021031-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya strategi pembelajaran atau metode pembelajaran yang diterapkan guru di kelas. Melalui penerapan bahan ajar sains berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar, (2) meningkatkan prestasi belajar, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan bahan ajar sains berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 7 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar, prestasi belajar, bahan ajar sains berbasis kearifan lokal, dan respon siswa terhadap penerapan bahan ajar sains berbasis kearifan lokal. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi pada setiap pertemuan, dengan menggunakan pedoman observasi. Data prestasi belajar fisika diperoleh melalui tes prestasi tiap akhir siklus, data respon siswa diperoleh melalui angket respon siswa pada akhir siklus kedua. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif, prestasi belajar siswa minimal berkategori tinggi, respon siswa minimal berkategori positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar, hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I = 14,55; Standar Deviasi = 2,25; dengan kategori cukup aktif, dan rata-rata aktivitas belajar pada siklus II = 15,99; Standar Deviasi = 1,98 dengan kategori aktif. Hasil prestasi belajar pada kedua siklus berkategori baik. Pencapaian prestasi belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata̅ = 73,6; Standar Deviasi = 11,9 dengan KK = 75%. Siklus II, nilai rata-rata̅ = 83,9; Standar Deviasi = 5,8 dengan KK = 90,6%. Respon siswa terhadap penerapan bahan ajar sains berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran fisika berkategori sangat positif dengan skor rata-rata ̅ = 83,75. Hasil tersebut semuanya telah melampaui batas kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, prestasi belajar, bahan ajar sains berbasis kearifan lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Putu Rima Elda Rosadi
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:42
Last Modified: 25 Oct 2019 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item