Isnaini, Irma Nur (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SD MUHAMMADIYAH 2 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031143-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031143-ABSTRAK.pdf Download (673kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031143-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (695kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031143-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031143-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031143-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031143-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031143-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (689kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031143-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V selama pembelajaran daring di SD Muhammadiyah 2 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis data dari Creswell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Beberapa cara peran orang tua siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah memberikan motivasi, mengontrol waktu belajar anak, menciptakan rumah yang mendukung anak untuk belajar, menyediakan waktu untuk terlibat dalam kegiatan belajar anak, memantau perkembangan anak selama pembelajaran daring, dan memberikan penghargaan. 2) Hambatan yang yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar anak diantaranya yaitu anak lelah dan jenuh akan pembelajaran daring, anak terlalu sering bermain game, anak susah disuruh baca dan susah mengumpulkan tugas tepat waktu. Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Orang tua lebih berperan dalam menjalankan tugas sebagai orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara maskimal agar tujuan anak tercapai dengan baik. 2) Guru hendaknya bekerjasama dengan orang tua dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa. 3) Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji banyak sumber yang terkait dengan peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa agar hasil penelitinya dapat lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran orang tua, motivasi belajar, siswa SD, pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Irma Nur Isnaini |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 18:41 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 18:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7454 |
Actions (login required)
View Item |