PENGGUNAAN MEDIA STRIP STORY PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII 8 SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Nijum, Arsiana (2021) PENGGUNAAN MEDIA STRIP STORY PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII 8 SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011037-COVER.pdf

Download (911kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011037-ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011037-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011037-LAMPIRAN.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan siswa SMP Negeri 6 Singaraja yang masih rendah dalam menulis cerita fantasi, hal tersebut ditandai dengan hasil pembelajaran menulis cerita fantasi siswa yang tidak mencapai KKM dan tidak memenuhi kriteria keberhasilan. Salah satu hal yang mengakibatkan kurangnya keterampilan siswa saat menulis cerita fantasi ialah pembelajaran yang dilakukan secara daring dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang ada peneliti menawarkan sebuah media alternatif yang dapat digunakan oleh guru dan siswa pada saat melakukan pembelajaran menulis cerita fantasi yaitu Strip Story. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah penggunaan strip story sebagai media pembelajaran dalam menulis cerita fantasi pada pembelajaran daring (2) Hasil menulis cerita fantasia siswa dengan menggunakan strip story sebagai media pembelajaran. (3) respons siswa setelah menggunakan strip story sebagai media pembelajaran dalam menulis cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrument pengumpulan data yang dipakai untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan strip story sebagai media pada pembelajaran daring adalah observasi, instrument pengumpulan data untuk mengetahui hasil belajar siswa tsiswa yaitu tes atau unjuk kerja dan instrument pengumpulan data yang dipakai untuk mengetahui bagaimana respons siswa setelah menggunakan media strip story ialah kuisioner. Langkah penggunaan medis strip story dilakukan berdasarkan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat oleh guru dan peneliti. Penggunaanya dilakukan selama dua siklus yang setiap siklusnya dilakukan selama dua kali pertemuan. Hasil belajar siswa dari menulis cerita fantasi siswa menunjukan adanya peningkatan perolehan nilai siswa kelas VII 8 SMP Negeri 6 Singaraja dalam menulis cerita fantasi pada setiap siklusnya. Rata –rata skor yang diperoleh siswa dari menulis cerita fantasi yang dilakukan selama siklus I mencapai 69 dengan kategori cukup. Dari semua siswa yang mengikuti tes, 11 orang atau 45,33% mendapatkan skor dibawah KKM atau belum mencapai KKM sedangkan 13 orang atau 54,66% mendapatkan skor diatas KKM. Ratarata skor hasil menulis cerita fantasi yang dilakukan pada saat siklus II meningkat dari pada perolehan skor siswa yang dilakukan di siklus I yaitu meningkat menjadi 82 yang berkateogori sangat baik. Rincian hasil belajar siswa 14 orang siswa atau 48,27% memeroleh nilai yang berkategori paling baik, 15 orang atau 51,72 % memeroleh skor yang berkategori baik. Hasil skor rata-rata respons siswa setiap siklusnya juga meningkat, pada siklus I rata-rata skor respons siswa 34 berkategori cukup positif dan pada siklus II meningkat menjadi 41 dengan kategori positif. Hal tersebut menunjukan bahwa media strip story memberikan pengaruh positif terhadap siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis cerita fantasi. Dengan demikian media strip story dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa kelas VII 8 SMP Negeri 6 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Strip story, Cerita fantasi, Masa Pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Arsiana Nijum
Date Deposited: 25 Jul 2021 06:16
Last Modified: 25 Jul 2021 06:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7462

Actions (login required)

View Item View Item