Pengaruh Model Experiential learning Berbantuan Daring Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Singaraja

Lutfiyah, Yoni Nur (2021) Pengaruh Model Experiential learning Berbantuan Daring Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021041-COVER.pdf

Download (737kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021041-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021041-BAB 1 PENDAHULAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021041-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model experiential learning dan model pembelajaran langsung di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian adalah quasi-experiment, menggunakan desain one-way pretest-posttest non-equivalent control group yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 3 kelas dengan total 94 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random assignment dan terpilih XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan model experiential learning, dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar pada materi gelombang bunyi dan cahaya, yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA), dengan variabel kovariat pengetahuan awal siswa. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa yang belajar dengan model experiential learning berkualifikasi cukup (M = 62,75; SD = 13,94), sedangkan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung berkualifikasi cukup (M = 54,53; SD = 11,72). Terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan pada siswa yang belajar dengan model experiential learning dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung (F* = 4,417, p<0,05 dan LSD = 6,30, p<0,05). Model experiential learning lebih unggul dibandingkan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model experiential learning, model pembelajaran langsung, pembelajaran fisika, pengetahuan awal, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: YONI NUR LUTFIYAH
Date Deposited: 26 Jul 2021 15:53
Last Modified: 26 Jul 2021 15:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7488

Actions (login required)

View Item View Item