Permana, Gede Pande Setya (2021) AUGMENTED REALITY PENGENALAN BANGUN RUANG. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1705021031-COVER.pdf Download (905kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1705021031-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1705021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1705021031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1705021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1705021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1705021031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1705021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1705021031-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Augmented Reality Bangun Ruang merupakan aplikasi yang dibuat untuk memberikan pengetahuan maupun informasi mengenai bangun ruang yang akan ditampilkan ke dalam bentuk aplikasi android. Ada lima bangun ruang yang akan ditampilkan yakni bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, kerucut dan tabung dalam bentuk objek 3D. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu memudahkan tenaga pengajar memeberikan pengajaran mengenai bangun ruang. Dipandang dari aspek kognitif, siswa merasa kesulitan dalam memahami objek bangun ruang 3D, karena kurangnya alat peraga yang memadai untuk siswa dan siswa hanya dapat membayangkan atau mengimajinasikan objek bangun ruang 3D tersebut sehingga dengan adanya aplikasi ini, di harapkan dapat membantu siswa dalam memahami objek bangun raung 3D. Dengan adanya pengujian UX (user experience) dengan tiga skala UEQ yaitu kualitas pragmatis dengan perolehan nilai 1.850, kualitas hedonis dengan nilai 2.000 dan overall dengan nilai 1.925, aplikasi ini mendapat respon dan memenuhi standar atau mendapat respon luar biasa dari pengguna. Augmented Reality Bangun Ruang dikembangkan menggunakan Software Unity 3D dibantu dengan Vuforia Qualcomm sebagai pembuat basis data, Corel Draw untuk pembuatan desain menu dan Blender 3D sebagai pembuat Objek 3D. Kata Kunci: Augmented Reality, Bangun Ruang, Unity 3D, Vuforia Colcomm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Augmented Reality, Bangun Ruang, Unity 3D, Vuforia Colcomm. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Manajemen Informatika (D3) |
Depositing User: | Pande Gede Setya Permana |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 05:47 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 05:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7492 |
Actions (login required)
View Item |