Rosang, Dita Amelia (2021) INVESTIGATION OF STUDENTS’ PERCEPTIONS ON THE USE OF MESSAGING APP FOR EFL REMOTE LEARNING CONTEXT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021139-COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021139-ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021139-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021139-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021139-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021139-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021139-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021139-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021139-LAMPIRAN.pdf Download (674kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas sebelas tentang penggunaan aplikasi berbasis pesan untuk konteks pembelajaran jarak jauh EFL di SMA Negeri 1 Singaraja. Explanatory sequential mixed-method digunakan sebagai desain dalam penelitian ini. Pengumpulan data diperoleh dari kuesioner online dan wawancara terbuka. Terdapat 33 siswa kelas sebelas yang dipilih sebagai peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Singaraja tentang penggunaan aplikasi berbasis chatting untuk konteks pembelajaran jarak jauh EFL mengacu pada interval ketiga pada tabel kategorisasi. Para siswa memiliki harapan yang tinggi dan positif terhadap proses dan konteks terbaik dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, terdapat lima faktor penghambat, yaitu (1) cara guru mengajar; (2) koneksi internet; (3) keterbatasan kuota internet; (4) kemampuan mahasiswa itu sendiri; (5) kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa dan dua faktor pendukung, yaitu (1) akses pembelajaran yang lebih mudah; (2) fleksibilitas waktu dan tempat dalam melaksanakan pembelajaran yang berkontribusi pada proses belajar siswa melalui aplikasi berbasis pesan untuk konteks pembelajaran jarak jauh EFL. Oleh karena itu, guru disarankan untuk mengevaluasi dan meninjau proses pembelajaran dengan memperhatikan pendapat siswa dan lebih terbuka dengan siswa untuk membuat suasana belajar yang lebih baik. Penelitian ini menyiratkan bahwa guru dan siswa harus dapat menggunakan aplikasi perpesanan dalam pembelajaran jarak jauh lebih baik dari sebelumnya dengan mempertimbangkan faktor penghambat dan pendukung yang ditemukan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, aplikasi berbasis pesan, pembelajaran jarak jauh |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Dita Amelia Rosang |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 05:16 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 05:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7569 |
Actions (login required)
View Item |