Pengaruh Problem Based Learning-Mind map Terhadap Keterampilan Metakognitif

Jyotisha, Ida Ayu Putu Inu (2021) Pengaruh Problem Based Learning-Mind map Terhadap Keterampilan Metakognitif. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021037-COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021037-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021037-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Implikasi keterampilan metakognitif siswa dalam pembelajaran fisika masih menjadi hal asing untuk diterapkan. Model PBL-mind map berdasarkan kajian empiris dari beberapa penelitian menunjukkan dapat memberikan peluang kepada siswa untuk membangun dan meregulasi proses kognitifnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning-mind map (PBL-mind map) dan model direct instruction (DI). Metode penelitian ini yaitu kuasi eksperimen menggunakan one-way pretest-posttest non-equivalent control group design, melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini diambil dari siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 4 Singaraja sebanyak 189 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple randomize berbasis kelompok. Sampel yang terpilih sebanyak 67 orang siswa, X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Data keterampilan metakognitif siswa diperoleh dari hasil jawaban tes essay yang berjumlah 20 butir soal. Nilai reliabilitas tes 0,846 berkategori sangat tinggi. Analisis data keterampilan metakognitif dilaksanakan secara deskriptif dan uji hipotesis dengan ANAKOVA satu jalur (α>0,05). Temuan penelitian menunjukkan keterampilan metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan model PBL-mind map lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model DI. Nilai rata-rata keterampilan metakognitif siswa yang dicapai kelompok PBL-mind map sebesar 71,79 dengan standar deviasi sebesar 11,77 berkategori tinggi, sedangkan nilai rata-rata keterampilan metakognitif siswa yang dapat dicapai kelompok DI sebesar 58,45 dengan standar deviasi sebesar 10,40 berkategori cukup. Uji hipotesis menunjukkan nilai F* sebesar 29,667 dengan sig. 0,000 < 0,05 yaitu terdapat perbedaan keterampilan metakognitif antara siswa yang belajar dengan model PBL-mind map dan DI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, mind map, keterampilan metakognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: IDA AYU PUTU INU JYOTISHA
Date Deposited: 26 Jul 2021 17:09
Last Modified: 26 Jul 2021 17:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7599

Actions (login required)

View Item View Item