Sari, I Dewa Ayu Diah Novita (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041033-COVER.pdf Download (665kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041033-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1713041033-BAB I PENDAHULUAN .pdf Download (78kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1713041033-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1713041033-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041033-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1713041033-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041033-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) profil hasil belajar HOTS siswa setelah dibelajarkan dengan pembelajaran daring berbasis probing prompting, dan (2) implementasi pembelajaran daring berbasis probing prompting dapat meningkatkan HOTS siswa kelas XI pada mata pelajaran biologi. Penelitian pra eksperimental ini menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bangli. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3, berjumlah 30 siswa yang dipilih dengan purposive sampling. Variabel HOTS didata menggunakan tes hasil belajar pada dimensi proses kognitif C4, C5, dan C6 yang dilakukan sebelum dan setelah pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan inferensial dalam pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon pada taraf signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan profil hasil belajar HOTS pada dimensi proses kognitif menganalisis (C4) sebesar 0,77, mengevaluasi (C5) sebesar 0,82, dan mengkreasi (C6) sebesar 0,48. (2) Implementasi pembelajaran daring berbasis probing prompting dapat meningkatkan HOTS siswa, karena nilai p (0,0001) < 0,05. Simpulan penelitian ini, yaitu impelementasi pembelajaran daring berbasis probing prompting dapat meningkatkan HOTS siswa yang juga dapat dilihat dari profil dimensi proses kognitif C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mengkreasi/mencipta).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Probing Prompting, HOTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I DEWA AYU DIAH NOVITA SARI |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 17:24 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 17:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7652 |
Actions (login required)
View Item |