PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS DARING PADA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 SINGARAJA

Sudiani, Ni Nengah (2021) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS DARING PADA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929091008_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929091008-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929091008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929091008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929091008-LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui sistem pembelajaran IPS berbasis daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja: (2) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam sistem pembelajaran IPS berbasis daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja; (3) Mengetahui strategi untuk mengatasi kendala sistem pembelajaran IPS berbasis daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja; (4) Mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran IPS berbasis daring pada Kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif�kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 6 Singaraja. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling dan snowball. Data diambil dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Kesahihan data menggunakan triangulasi dan analisis deskripsif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Sistem pembelajaran IPS menggunakan aplikasi whatsapp, google classroom dan google form; (2) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring adalah keterbatasan kepemilikan perangkat teknologi; (3) Strategi dalam mengatasi kendala adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang sederhana; (4) Ketercapaian hasil belajar dengan sistem daring memenuhi KKM sekolah. Kata kunci: sistem pembelajaran, pembelajaran IPS, pembelajaran daring. ABSTRACT This research aims to: (1) Determine the online-based social sciences learning system in grade IX SMP Negeri 6 Singaraja: (2) Determine the obstacles faced in the online-based social sciences learning system in grade IX SMP Negeri 6 Singaraja; (3) Determine the strategies to overcome the constraints of the online�based social sciences learning system in grade IX SMP Negeri 6 Singaraja; (4) Determine the achievement of the online-based social sciences learning objectives in grade IX SMP Negeri 6 Singaraja. This research useddescriptive qualitative approach. The research location wasat SMP Negeri 6 Singaraja. The determination of informants was done by purposive sampling and snowball. The data were collected using interview, observation, and document study techniques. The validity of the data used triangulation and descriptive-qualitative analysis. The results showed: (1) The social sciences learning system mostly used the WhatsApp, google classroomapplication and google form; (2) The obstacle faced in online learning was the ownership of technological devices; (3) The strategy in overcoming the constraints was to use a simple application; (4) The achievement of learning outcomes with an online system fulfills the school's KKM/minimum completeness criteria. Keywords: learning system, social sciences learning, online learning

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sistem pembelajaran, pembelajaran IPS, pembelajaran daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ni Nengah Sudiani
Date Deposited: 26 Jul 2021 05:19
Last Modified: 26 Jul 2021 05:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item