DEVELOPING LEARNING VIDEO FOR TEACHING ENGLISH USING PROJECT- BASED LEARNING FOR 4 GRADE STUDENTS AT ELEMENTARY SCHOOL IN BULELENG REGENCY

Febiyanti, Ni Wayan (2021) DEVELOPING LEARNING VIDEO FOR TEACHING ENGLISH USING PROJECT- BASED LEARNING FOR 4 GRADE STUDENTS AT ELEMENTARY SCHOOL IN BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021099-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021099-ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (573kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021099-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021099-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021099-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021099-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

DEVELOPING LEARNING VIDEO FOR TEACHING ENGLISH USING PROJECT- BASED LEARNING FOR 4 GRADE STUDENTS AT ELEMENTARY SCHOOL IN BULELENG REGENCY TH By: Ni Wayan Febiyanti, 1712021099 English Language Education, Language and Art Faculty Ganesha University of Education Singaraja, Bali Email: niwayanfebiyanti@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan berbasiskan salah satu model pembelajaran saintifik yaitu Project-based Learning dimana ditargetkan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan model Desain dan Pengembangan oleh Richey & Klein (2007) yang dimana memiliki 4 tahapan meliputi Analisis(Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), dan Evaluasi (Evaluation) yang sering disingkat ADDE. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan lima jenis instrument yaitu pedoman wawancara, kuesioner, studi dokumen, manuskrip, penilaian guru, dan penilaian ahli. Pedoman wawancara ditujukan untuk guru dan siswa pada tahap analisis, kuesioner diberikan pada siswa pada tahap evaluasi, studi dokumen dan manuskrip digunakan pada tahap desain, penilaiaan ahli digunakan pada tahap pengembangan dan penilaiaan guru digunakan pada tahap evaluasi. Produk yang dihasilkan pada peneilian ini berupa prototype video yang menggunanakan metode Project-based learning. Terdapat dua video dengan dua topik yang berbeda yang dihasilkan pada penelitian ini. Video pertama mengambil topik Aktivitas dalam kelas (Activities in the Classroom) dan video kedua mengambil topik Pakaian (Clothes). Terdapat beberapa uji yang dilakukan terhadap video tersebut meliputi uji ahli di bidang akademik, dan uji dari pengguna yaitu penilaian guru dan respon siswa. Berdasarkan pengujian tersebut, kualitas kedua video yang sudah dikembangkan mendapatkan rating sebagai media pembelajaran yang sangat baik untuk pembelajaran Bahasa Inggris kelas 4 di sekolah dasar. Kata-kata kunci: video, project-based learning, media, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video, project-based learning, media, siswa sekolah dasar
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Wayan Febiyanti
Date Deposited: 26 Jul 2021 06:58
Last Modified: 26 Jul 2021 06:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7675

Actions (login required)

View Item View Item