Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Singaraja

Wiryananta, I Gede Putu Yana (2021) Penerapan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011031-COVER.pdf

Download (446kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011031-ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (536kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011031-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika, namun pada pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas masih terjadi permasalahan dalam hal kemampuan komunikasi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model Reciprocal Teaching dan menggambarkan tanggapan siswa terhadap penerapan model tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Data kemampuan komunikasi matematis dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian dan data tanggapan siswa dengan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan dari 42,03 pada refleksi awal terus meningkat dari siklus ke siklus menjadi 74,16 pada siklus III. Persentase banyaknya siswa dengan kemampuan komunikasi matematis dalam kategori tuntas meningkat dari siklus ke siklus dan mencapai kriteria indikator keberhasilan pada siklus III dengan persentase 78,13%. Selain itu, tanggapan siswa terhadap penerapan model Reciprocal Teaching tergolong positif dengan rata-rata skor 57,5 dari skor maksimum ideal sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model reciprocal teaching, komunikasi matematis, tanggapan siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Gede Putu Yana Wiryananta
Date Deposited: 28 Jul 2021 04:22
Last Modified: 28 Jul 2021 04:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7716

Actions (login required)

View Item View Item