PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN DARING MENINGKATKAN PEMAHAMAN POLA HIDUP SEHAT DAN SIKAP SISWA DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Swastini, Luh Ria (2021) PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN DARING MENINGKATKAN PEMAHAMAN POLA HIDUP SEHAT DAN SIKAP SISWA DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041057-COVER.pdf

Download (599kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041057-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1713041057-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041057-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Problem based learning berbasis pembelajaran daring meningkatkan pemahaman pola hidup sehat (2) Problem based learning berbasis pembelajaran daring meningkatkan sikap siswa di SMA Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimenal dengan desain one pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Singaraja. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 34 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Data diambil menggunakan metode tes berupa tes uraian pemahaman pola hidup sehat dan non tes berupa kuisioner sikap siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial dalam pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon pada taraf signifikansi 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Problem based learning berbasis pembelajaran daring dapat meningkatkan pemahaman pola hidup sehat pada kategori sedang dengan N-gain sebesar 0,54 (2) Problem based learning berbasis pembelajaran daring dapat meningkatkan sikap siswa dengan presentase peningkatan adalah 4,47%. Dengan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring berbasis problem based learning dapat meningkatkan pemahaman pola hidup sehat dan sikap siswa. Kata Kunci: Problem based learning, Pemahaman Pola Hidup Sehat, Sikap Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning1, Pemahaman Pola Hidup Sehat2, Sikap Siswa3.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: LUH RIA SWASTINI
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:33
Last Modified: 27 Jul 2021 07:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7718

Actions (login required)

View Item View Item