PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING -PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 2 BANJAR

Budiasih, Ni Ketut Sri Manis (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING -PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021034-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021034-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021034-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah fenomena rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa sebagai salah satu keterampilan dasar menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar menggunakan model problem based learning-predict observe explain (PBL-POE), model problem based learning (PBL) dan model direct instruction (DI) dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment research dan desain penelitian one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Banjar, sebanyak 131 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik simple randomize berbasis kelompok. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen pertama, kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen kedua dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol, dengan total sampel sebanyak 96 siswa. Keterampilan berpikir kreatif siswa diukur menggunakan instrumen penelitian berbentuk 20 butir soal essay dengan konsistensi internal butir bergerak pada rentang r=0,32-0,59 (tinggi) dan reliabilitas tes sebesar α=0,809 (sangat tinggi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur dan uji lanjut least significant difference (LSD) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil ANAKOVA satu jalur mengungkap bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar menggunakan model PBL-POE, model PBL dan model DI dalam pembelajaran fisika (F^*=25,952; α=0,000 ). Hasil uji LSD menunjukkan nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif kelompok PBL-POE lebih tinggi dibandingkan kelompok PBL (∆μ=12,455;α=0,000) dan kelompok DI (∆μ=18,659;α=0,000), serta nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif kelompok PBL lebih tinggi dibandingkan kelompok DI (∆μ=6,204;α=0,016). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL-POE berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based learning-predict observe explain, problem based learning, direct instruction, keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran fisika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: NI KETUT SRI MANIS BUDIASIH
Date Deposited: 26 Jul 2021 14:44
Last Modified: 26 Jul 2021 14:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7766

Actions (login required)

View Item View Item