Subagiarta, Wayan (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI KOMBINASI 2D DAN 3D, SIMULASI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA KELAS VIII DI SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515051011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051011-ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051011-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran di kelas VIII SMP LAB UNDIKSHA masih banyak nilai siswa yang hanya memenuhi nilai KKM yang ditentukan sekolah. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya media pembelajaran sistem peredaran darah manusia yang mampu membuat pembelajaran menarik, variatif, menyenangkan, efektif, dan tidak hanya mendengarkan ceramah dari guru. Sehingga siswa merasa kurang termotivasi untuk mempelajari sistem peredaran darah manusia. Oleh sebab itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa video animasi sistem peredaran darah manusia yang dapat membantu proses pembelajaran di dalam kelas khususnya mata pelajaran IPA untuk kelas VIII SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D, Simulasi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII Di SMP, Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D ini menggunakan model Four-D. Ada empat tahap dalam model Four-D yaitu Pendefinisian (Difene), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate). Pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan Media Pembelajaran Video Animasi Kombinasi 2D dan 3D, Simulasi Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Kelas VIII Di SMP, diantaranya yaitu uji ahli isi dengan hasil 100% tergolong sangat tinggi, uji ahli media dengan representasi 80% tergolong tinggi, uji efektifitas dengan hasil 77% yang berarti media ini efektif, dan uji respon pengguna dengan hasil sebesar 94% yang menandakan media ini masuk kategori sangat positif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : Media Pembelajaran, Video animasi 2D dan 3D, Sistem peredaran darah manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Wayan Subagiarta |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 05:50 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 05:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7848 |
Actions (login required)
View Item |