Tanaya, I Putu Gede Surya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN PEMANASAN GLOBAL DENGAN MENERAPKAN KONSEP GAMIFIKASI (STUDI KASUS: SISWA KELAS VII SMP MUTIARA SINGARAJA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1415051097-COVER.pdf Download (774kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1415051097-ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1415051097-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1415051097-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1415051097-BAB 3 METODOLIGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1415051097-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1415051097-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1415051097-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1415051097-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan media pembelajaran Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global Dengan Menerapkan Konsep Gamifikasi Pada Siswa Kelas VII SMP Mutiara Singaraja, (2) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global Dengan Menerapkan Konsep Gamifikasi Pada Siswa Kelas VII SMP Mutiara Singaraja yang telah di hasilkan, (3) serta untuk mengetahui efektifitas media dalam pembelajaran. Metode dari penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model Multimedia Development Live Cycle (MDLC). Adapun tahapan dalam model MDLC ini adalah Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan Material (Material Collection), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing), dan Distribusi (Distribution). Penerapan gamifikasi memakai Achiever Mechanics pada Marczewski’s Gamefication Framework yang mengambil beberapa unsur yaitu Levels/Progression, Quests/Callenge dan Achievement/Reward. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa media pembelajaran yang menerapkan konsep gamifikasi dengan materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Terdapat beberapa pengujian diantaranya uji ahli isi dengan tingkat validitas sebesar 1,00 (Sangat Tinggi), validitas uji ahli media sebesar 1,00 (Sangat Tinggi), uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan dengan nilai 87.3%, 92% dan 87,1%, merupakan hasil yang positif, uji efektivitas dengan cara pemberian pretest dan posttest memperoleh nilai sebesar 71,06%. masuk ke kriteria“Tinggi” yang berarti media ini efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran, terakhir dilakukan uji respon guru yang bertujuan untuk mengetahui respon guru terhadap media pembelajaran dengan mendapatkan nilai yaitu 96% dengan kriteria “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Gamifikasi, Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global, MDLC, Efektifitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Putu Gede Surya Tanaya |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 06:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 06:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8112 |
Actions (login required)
View Item |