Gamifikasi Sistem Gerak Pada Manusia

Lestari, Ni Putu Martha (2021) Gamifikasi Sistem Gerak Pada Manusia. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1415051111-COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1415051111-ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1415051111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1415051111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1415051111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1415051111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1415051111-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1415051111-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1415051111-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk merancang, mengimplementasikan dan mengetahui tingkat kelayakan media serta mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media berkonsep gamifikasi serta menambah pemahaman sekaligus motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran agar membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan khususnya mata pelajaran Biologi materi sistem gerak pada manusia di kelas XI MIPA SMA N 2 Singaraja. Pengembangan Gamifikasi sistem gerak pada manusia menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahapan pengembangan. Tahapan-tahapan MDLC yaitu pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Beberapa pengujian dilaksanakan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran Gamifikasi sistem gerak pada manusia diantaranya uji ahli materi mendapatkan persentase 100%, uji ahli media diperoleh 100%, uji efektifitas diperoleh persentase keberhasilan sebesar 73,5%. Sedangkan uji respon siswa diperoleh persentase 87,55%, jika diubah ke dalam tabel respon siswa termasuk ke kategori “baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Gamifikasi, MDLC, sistem gerak pada manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Putu Martha Lestari
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:03
Last Modified: 28 Jul 2021 07:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8121

Actions (login required)

View Item View Item