Dewi, Candra (2019) PENCAPAIAN TEORI APOS MELALUI PENDEKATAN SIKLUS ACE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IX-6 SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011118-COVER.pdf Download (527kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011118-ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (444kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1413011118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011118-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011118-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011118-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui implementasi Teori APOS dengan Pendekatan Siklus ACE dan (2) tanggapan siswa terhadap implementasi Teori APOS dengan Pendekatan Siklus ACE. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-6 SMP Negeri 2 Singaraja sebanyak 29 orang siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Data pemahaman konsep siswa dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai dari 42,06 pada refleksi awal terus meningkat dari siklus ke siklus menjadi 80,06 pada siklus III, ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 5,9% pada refleksi awal terus meningkat dari siklus ke siklus menjadi 79,31% pada siklus III dan rata-rata skor tanggapan siswa telah berada dalam kategori positif. Peningkatan optimal pada siklus III terjadi karena guru lebih menekankan pada: (1) pertanyaan pancingan untuk memudahkan siswa menyelesaikan permasalahan pada LKS, (2) memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk menyampaikan pendapat, (3) pemberian bimbingan dan motivasi kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori APOS, Pendekatan Siklus ACE, Pemahaman Konsep, Tanggapan |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Candra Puspa Dewi |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 05:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 05:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/818 |
Actions (login required)
View Item |