PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MENDOYO

Wijayanti, Ni Putu Asri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MENDOYO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011024-COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011024-ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011024-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MMP berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mendoyo semester genap tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 222 orang yang terdistribusi ke dalam 7 kelas. Data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dianalisis menggunakan uji Anava Satu Jalur dan uji lanjut dengan uji-Scheffe dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol; kedua, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas kontrol (Fhitung =27,14636 > F’= 6,2); ketiga, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol (Fhitung = 7,3 > F’= 6,2) ; keempat, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen 2 lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol (Fhitung = 6,7465 > F’ = 6,2). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MMP berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah matematika, model pembelajaran Missouri Mathematics Project, GeoGebra.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Asri Wijayanti
Date Deposited: 25 Oct 2019 05:30
Last Modified: 25 Oct 2019 05:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item