TEACHER’S PREPARATION ON LESSON PLANS FOR WRITING THROUGH GOOGLE CLASSROOM IN THE SENIOR HIGH SCHOOL

Putra, I Gede (2021) TEACHER’S PREPARATION ON LESSON PLANS FOR WRITING THROUGH GOOGLE CLASSROOM IN THE SENIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021212-COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021212-ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1712021212-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1712021212-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1712021212-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021212-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
1712021212-BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021212-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021212-LAMPIRAN.pdf

Download (983kB)

Abstract

Penelitian ini menggambarkan proses dan masalah dalam penyusunan RPP untuk menulis melalui Google Classroom. Selain itu juga mempelajari permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa EFL dalam menulis melalui Google Classroom selama situasi pandemi. Desain yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Singaraja. Objek penelitian yang diteliti: 1) proses penulisan RPP melalui Google Classroom, 2) permasalahan guru dalam menulis RPP melalui Google Classroom, dan 3) permasalahan yang dihadapi siswa dalam menulis RPP melalui Google Classroom di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, angket terbuka, dan angket tertutup. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Temuan penelitian adalah guru bahasa Inggris mengikuti lima langkah umum, yaitu: 1) menentukan tujuan pembelajaran dan menghubungkannya dengan kompetensi inti dan dasar, 2) mengorganisasikan dan menyusun materi pembelajaran dan menghubungkannya dengan tujuan pembelajaran, 3) merancang pembelajaran. kegiatan pembelajaran berdasarkan metode dan teknik pembelajaran, 4) pemilihan media dan sumber pembelajaran yang sesuai dengan platform pembelajaran Google Classroom, dan 5) merencanakan jenis dan teknik penilaian pembelajaran yang sesuai untuk penilaian autentik melalui Google form. Dalam penyusunan RPP menulis melalui Google Classroom, guru bahasa Inggris menemukan masalah, seperti 1) menentukan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan kompetensi inti dan dasar, dan 2) memilih jenis dan teknik penilaian pembelajaran yang cocok untuk penilaian otentik melalui formulir Google. Sedangkan, siswa mengalami kesulitan dalam menulis, seperti 1) mengembangkan kalimat topik menjadi paragraf yang padu, 2) menyusun kalimat pendukung secara sistematis dan logis, dan 3) menyusun kalimat gramatikal. Temuan penelitian ini menyiratkan kepada siswa dan guru untuk meningkatkan perencanaan pembelajaran dan implementasinya melalui platform pembelajaran online. Kata kunci: RPP, penulisan, masalah, Google Classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: RPP, penulisan, masalah, Google Classroom.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gede Putra
Date Deposited: 01 Oct 2021 01:44
Last Modified: 01 Oct 2021 01:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8285

Actions (login required)

View Item View Item