PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARA MUATAN IPA BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 BANJAR BALI SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sembiring, Dahliana (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARA MUATAN IPA BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 BANJAR BALI SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1711031215- COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031215- ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031215-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (937kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031215- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENDIDIKAN)
1711031215-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031215-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031215-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031215-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031215-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran dan untuk mengetahui validitas media pembelajaran menurut para ahli dan uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitiang pengembangan dengan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencacatan dokumen dan metode kuesuoner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) rancang bangun media pembelajaran meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) media pembelajaran dinyatakan valid melalui: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (3,81), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (3,50), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (3,42), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (3,80), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (3,77). Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa meida pembelajaran valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar media pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, model ADDIE, validitas media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: DAHLIANA SEMBIRING
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:40
Last Modified: 21 Oct 2021 03:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8291

Actions (login required)

View Item View Item