Pengaruh model pembelajaran self regulated learning (SRR) berbasis kearifan lokal bali terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas V SD gugus III kecamatan Kubu tahun pelajaran 2018/2019

Kusuma, I Gede Widia (2019) Pengaruh model pembelajaran self regulated learning (SRR) berbasis kearifan lokal bali terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas V SD gugus III kecamatan Kubu tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesa.

[img] Text (COVER)
1511031448-COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511031448-ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1511031448-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1511031448-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1511031448-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031448-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1511031448-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031448-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511031448-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self Regulated Learning Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap penguasaan konsep siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent post-test only kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD di Gugus III Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 7 kelas sebanyak 131 orang siswa. Sampel penelitian ini dengan Teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Tianyar yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 2 Tianyar yang berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif untuk mengukur penguasaan konsep IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Adapun rata-rata skor penguasaan konsep IPA di kelas eksperimen adalah 81,54 sedangkan di kelas kontrol adalah 71,12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Self Regulated Learning Berbasis Kearifan Lokal Bali dan siswa yang tidak mengikuti model pembelajaran Self Regulated Learning Berbasis Kearifan Lokal Bali pada kelas V di SD Gugus III Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem Tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini diketahui dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05. Artinya, model pembelajaran model pembelajaran Self Regulated Learning Berbasis Kearifan Lokal Bali memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas kelas V di SD di Gugus III Kecamatan Tianyar Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self regulated learning, berbasis kearifan lokal bali, penguasaan konsep IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Widia Kusuma
Date Deposited: 25 Oct 2019 10:09
Last Modified: 25 Oct 2019 10:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item View Item