PENGEMBANGAN SKALA KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Rohman, Taufikur (2021) PENGEMBANGAN SKALA KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711011009-COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011009-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011009-LAMPIRAN.pdf

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skala kedisiplinan belajar pada siswa SMK. Dalam rangka memenuhi hal tersebut dilakukan penelitan dengan menggunakan metode Reaserch and Development (R&D) model Borg & Gall, dengan 10 langkah tahap pengembangan yaitu : 1) pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) mengembangkan draft produk, 4) uji coba pertama dilapangan, 5) penyempurnaan produk awal, 6) uji coba dilapangan, 7) penyempurnaan hasil uji lapangan, 8) melaksanakan uji lapangan, 9) penyempurnaan product akhir, dan 10) implementasi. Pada pengujian validitas peneliti menggunakan Formula Lawshe dengan lima ahli beserta praktisi BK untuk menguji kepatutan instrument yang dikembangkan berisi 45 pertanyaan. Untuk menguji Tingkat validitas secara terbatas peneliti menggunakan korelasi Product Moment (Pearson Correlation) dengan bantuan program SPSS yang melibatkan 80 responden, untuk menguji validitas lebih luas peneliti melibatkan 170 responden. Untuk menguji reliabilitas peneliti menggunakan Alpha Cronbach melibatkan 60 responden, adapun pengambilan datanya ditujukan pada kelas XI di SMK Negeri 1 Singaraja yang ditarik secara random melalui google form. Pada penyebaran diperoleh nilai validitas 0,98 dan reliabilitas 0,889 sehingga masuk dalam kategori sangat tinggi dan instrument dinyatakan layak untuk mengukur kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Skala Kedisiplinan Belajar, Validitas & Reliabilitas, R&D
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Taufikur Rohman
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:55
Last Modified: 13 Oct 2021 02:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item