Asih, Trisna Sari (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SD Negeri 2 Peken Belayu Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031130_COVER.pdf Download (819kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031130-ABSTRAK.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031130-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031130-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031130-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031130-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031130-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031130-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031130_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan berbantuan aplikasi Powtoon pada pembelajaran Matematika, khususunya materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 2 Peken Belayu, serta mengetahui validitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE sebagai pedoman. Subjek dalam penelitian ini adalah video pembelajaran berbantuan aplikasi Powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 2 Peken Belayu. Sedangkan, objek dalam penelitian ini adalah validitas video pembelajaran berbantuan aplikasi Powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 2 Peken Belayu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner semi tertutup dalam bentuk skala likert, dengan rentang skala 5. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validitas oleh ahli media diperoleh persentase validitas video pembelajaran sebesar 97,7%, berdasarkan uji validitas ahli materi diperoleh persentase validitas sebesar 93,3%, dan uji validitas respon guru diperoleh persentase validitas sebesar 96,6%. Dari hasil analisis uji validitas yang dilaksanakan diketahui bahwa video pembelajaran berbantuan aplikasi Powtoon yang dikembangkan dapat dkualifikasian dalam kategori sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbantuan aplikasi Powtoon pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 2 Peken Belayu yang dikembangkan dinyatakan telah layak dan valid untuk menunjang proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Matematika, Powtoon. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Trisna Sari Asih |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 02:27 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8361 |
Actions (login required)
View Item |