Hardiansyah, Hardiansyah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KARAKTER KREATIF PADA MASA PRA REMAJA SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1711011018-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711011018-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011018-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur dan menguji kelayakannya sehingga menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel dalam mengukur karakter kreatif pada siswa sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dikemukakan oleh Thiagrajan (1976) melalui empat tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Desminate (penyebaran). Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yaitu dengan cara teknik angket/ kusioner. Pengujian validitas menggunakan Formula Lawshe dengan melibatkan lima pakar dan praktisi Bimbingan Konseling untuk menilai kelayakan instrumen yang dikembangkan yang terdiri dari 40 item pernyataan yang mengacu pada kisi-kisi instrumen yang disusun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan random sampling atau sampel acak sederhana dengan jumlah 60 peserta didik kelas VII dan VIII. Berdasarkan uji kelayakan, instrumen karakter kreatif siswa SMP yang dikembangkan melalui teknik random sampling telah memenuhi kriteria validitas dan ralibilitas yang tinggi dengan nilai validitas 1 dan reliabilitas 0,775. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen karakter kreatif untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat dikatakan layak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Kreatif, Validitas, Reliabilitas, R&D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Hardiansyah |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:37 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 03:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8384 |
Actions (login required)
View Item |