Pengembangan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Berbasis Android pada Topik Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar

Mudiartana, I Made (2021) Pengembangan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Berbasis Android pada Topik Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041025-ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041025-LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android untuk kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Develepment) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android, sedangkan objek penelitian adalah validitas dan kepraktisan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android. Data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengukur validitas dan kepraktisan bahan ajar digital. Validitas diuji oleh masing-masing 2 orang ahli yakni ahli materi dan ahli media. Kepraktisan bahan ajar digital dinilai oleh 5 orang guru dan 10 orang siswa kelas V SD di Gugus Letda Kajeng. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) validitas bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android diperoleh rata-rata sebesar 3,64 atau berada pada interval 3,50 ≤ Rv ≤ 4,00 dengan kriteria “sangat valid”; (2) kepraktisan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android berdasarkan penilaian guru dan siswa diperoleh rata-rata 3,67 yang berada pada interval 3,50 ≤ Rk ≤ 4,00 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik panas dan perpindahannya untuk kelas V sekolah dasar yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar digital, kearifan lokal, validitas, kepraktisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Made Mudiartana
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:53
Last Modified: 14 Oct 2021 04:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8457

Actions (login required)

View Item View Item