Sari, Felynda Puspita (2021) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Materi Perubahan Iklim Berstrategikan Blended Learning Untuk Kelas VII Di SMPN 14 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051102-COVER.pdf Download (890kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051102-ABSTRAK.pdf Download (43kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1715051102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051102-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051102-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051102-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena melihat pada proses pembelajaran membutuhkan penjelaskan mengenai materi yang bersifat abstrak dan luas. Dan memiliki tujuan untuk mengembangkan konten interaktif berstrategikan blended learning pada materi perubahan iklim beserta mendeskripsikan respon peserta didik di SMPN 14 Denpasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Dengan memiliki 5 tahapan model yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian ini dilakukan untuk kelas VII dengan 30 peserta didik di SMPN 14 Denpasar. Pada penelitian menggunakan instrumen angket untuk pengumpulan data yaitu validasi ahli, angket uji perorangan, angket uji kelompok kecil, angket uji lapangan, dan angket respons peserta didik. Hasil uji kevalidan dari uji ahli isi dan ahli desain media memperoleh rata-rata 1,00 dengan kriteria sangat valid. Untuk uji efektivitas dan uji keberhasilan konten pembelajaran interaktif berdasarkan nilai n-gain sebesar 0,8 dengan kriteria efektif dan uji keberhasilan ada dalam kualifikasi berhasil. Dalam kepraktisan konten pembelajaran interaktif dari angket respons peserta didik memperoleh 45,3 dengan kriteria positif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan konten pembelajaran interaktif berstrategikan blended learning pada materi perubahan iklim menunjukkan kriteria kualitas produk yaitu sangat valid, sangat praktis dan respon yang positif. Kata kunci : konten interaktif, articulate storyline 3, perubahan iklim
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konten interaktif, articulate storyline 3, perubahan iklim |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | FELYNDA PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 05:14 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 05:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8491 |
Actions (login required)
View Item |