ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUSUT PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI

Andika, Ni Luh Putu (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUSUT PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071045-COVER.pdf

Download (341kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071045-ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071045-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil kesulitan belajar IPA yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Susut, faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar, dan upaya guru IPA dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Susut yang berjumlah 265 dan 2 guru IPA yang mengajar dikelas VIII. Objek dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar IPA siswa, faktor penyebab kesulitan belajar siswa, dan upaya guru IPA dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes hasil belajar, kuesioner, dan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan statistik deskritif untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dan analisis data kuesioner dan wawancara dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) profil kesulitan belajar siswa secara berurutan yaitu kesulitan belajar tinggi sebesar 49,43%, sedang 20,38%, rendah 17,74 %, dan sangat rendah 12,45 %; (2) Faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar terdiri atas lima aspek yaitu kondisi fisik, intelegensi, bakat, minat, dan motivasi. Aspek motivasi masuk kedalam kategori tinggi yang artinya memiliki pengaruh paling besar dibandingkan aspek yang lain; (3) Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar terdiri dari tiga aspek yaitu aspek lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Ketiga aspek tersebut masuk kedalam kategori tinggi, yang artinya ketiga aspek memiliki pengaruh besar yang menyebabkan kesulitan belajar pada siswa. Upaya guru IPA mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Susut adalah dengan menggunakan metode remidial. Metode remidial yang digunakan adalah pemberian tugas secara mandiri dan pemberian tes kembali. Kata kunci : kesulitan belajar, faktor penyebab kesulitan belajar, pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, faktor penyebab kesulitan belajar, pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: NI LUH PUTU ANDIKA
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:37
Last Modified: 21 Oct 2021 06:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item