Pengenalan Tokoh Pewayangan Dewata Nawa Sanga Menggunakan Augmented Reality

Prasetyo, Made Handoyo (2021) Pengenalan Tokoh Pewayangan Dewata Nawa Sanga Menggunakan Augmented Reality. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1805021028-cover.pdf

Download (706kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1805021028-ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1805021028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1805021028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1805021028-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1805021028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
1805021028-BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1805021028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1805021028-LAMPIRAN.pdf

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang model tokoh pewayangan dewata nawa sanga dan mengimplementasikan dengan menggunakan augmented reality berbasis android. Tahapan pengembangan Pengenalan Tokoh Pewayangan Dewata Nawa Sanga Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android ini mengikuti tahapan analisis aplikasi, desain sistem aplikasi, dan pembuatan sistem aplikasi. Adapun proses yang terlibat di dalamnya adalah output. Implementasi dari Augmented Reality ini menggunakan Unity, Vuforia Developer Portal, Blender, PhotoShop cc 2018, Android SDK, dan sampel Target Image sebagai pengrancangan model. Hasil dari pengembangan augmented reality ini yaitu telah terbentuk rancang model tokoh pewayangan dewata nawa sanga dan Implementasikan Pengenalan Tokoh Pewayangan Dewata Nawa Sanga Menggunakan Augmented Reality Berbasis. Berdasarkan hasil implementasi sistem, terdapat satu aktor yang berinteraksi langsung dengan augmented reality ini yaitu: pengguna. Pengguna dapat mengscan augmented reality markers, melihat objek, mendengarkan informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pewayangan, Berbasis Android,
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Manajemen Informatika (D3)
Depositing User: Made Handoyo Prasetyo
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:03
Last Modified: 19 Oct 2021 03:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8560

Actions (login required)

View Item View Item