PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD

Darmaswanti, Desak Putu Arimas (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041007-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041007-ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (624kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041007-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis PBL dengan teknik scaffolding pada pembelajaran IPA kelas V SD; dan 2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan multimedia pembelajaran berbasis PBL dengan teknik scaffolding pada pembelajaran IPA kelas V SD. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, develop, implementation, dan, evaluation). Uji coba produk yang dikembangkan pada penelitian ini terbatas sampai valid dan praktis. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner melalui lembar: (1) validasi 3 dosen dan (2) kepraktisan 2 guru dan 27 orang siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif diperoleh dari saran ahli dan praktisi. Analisis kuantitatif diperoleh dari skor validasi dan kepraktisan. Instrumen pengukuran tingkat kevalidan dan kepraktisan multimedia adalah lembar: (1) validasi ahli media, materi, dan desain pembelajaran dan (2) kepraktisan oleh guru dan siswa dengan rating scale 5. Berdasarkan hasil validasi multimedia dinyatakan valid dengan kategori sangat valid. Validitas multimedia pembelajaran memperoleh rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,87 dengan kriteria sangat valid, rata-rata skor dari ahli materi sebesar 5,00 dengan kriteria sangat valid dan rata-rata skor dari ahli desain pembelajaran sebesar 4,71 dengan kriteria sangat valid. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan mendapat respon yang sangat baik dan memiliki kebermanfaatan yang baik bagi guru dan siswa dengan rata-rata skor kepraktisan multimedia pembelajaran berdasarkan analisis angket respon guru sebesar 4,58 dan analisis angket respon siswa sebesar 4,54 dengan kriteria sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Problem Based Learning, Teknik Scaffolding, Multimedia Pembelajaran, Praktis, Valid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: DESAK PUTU ARIMAS DARMASWANTI
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:12
Last Modified: 19 Oct 2021 09:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8575

Actions (login required)

View Item View Item