Rahayu, I Ketut (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031451-COVER.pdf Download (488kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031448-ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1511031448-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1511031448-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1511031448-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031448-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1511031448-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031448-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031448-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media lingkungan pada mata pelajaran IPA terhadap karakter peduli lingkungan siswa kelas IV Gugus XI Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah anggota kelas IV Sekolah Dasar yang ada di Gugus XI Kecamatan Buleleng. Banyaknya populasi dalam penelitian ini adalah 149 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling melalui teknik undian, tetapi yang diundi adalah kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner karakter peduli lingkungan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent Sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 12,16, sedangkan, ttabel dengan dk = 58 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,000. Hal ini berarti, thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan media lingkungan pada mata pelajaran ipa terhadap karakter peduli lingkungan siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self regulated learning, berbasis kearifan lokal bali, penguasaan konsep IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Ketut Rahayu |
Date Deposited: | 26 Oct 2019 04:10 |
Last Modified: | 26 Oct 2019 04:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/859 |
Actions (login required)
View Item |