Purwani, Wayan (2021) Pengembangan Panduan Konseling Singkat Berfokus Solusi dengan Teknik Miracle Question Untuk Meminimalisasi Kecemasan Sosial Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929111009-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929111009-ABSTRAK.pdf Download (524kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929111009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929111009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929111009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929111009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929111009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929111009-DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (994kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929111009-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan panduan konseling singkat berfokus solusi dengan teknik miracle question, (2) mengetahui dan mendeskripsikan validitas isi panduan konseling singkat berfokus solusi dengan teknik miracle question untuk meminimalisasi kecemasan sosial siswa berdasarkan penilaian ahli, dan (3) mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan panduan konseling singkat berfokus solusi dengan teknik miracle question dalam meminimalisasi kecemasan sosial siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengikuti prosedur dalam model pengembangan 4D (Thiagarajan, 1974). Adapun subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sejumlah 5 orang pakar dan praktisi bimbingan dan konseling sebagai judges, dan 15 orang siswa sebagai subjek uji coba panduan konseling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi panduan konseling yang digunakan untuk memperoleh data terkait penilaian para judges terhadap panduan konseling, dan (2) skala kecemasan sosial (SAS-A) yang digunakan untuk memperoleh data terkait tingkat kecemasan sosial siswa sebelum dan sesudah penggunaan panduan konseling singkat berfokus solusi. Analisis data uji pakar dilakukan dengan menggunakan pendekatan rasio validitas isi (CVI) (Lawshe, 1975). Data kecemasan sosial siswa sebelum dan sesudah mengikuti konseling dianalisis dengan uji statistik non-parametrik Wilcoxon’s signed rank test. Hasil uji pakar menunjukkan bahwa panduan konseling yang dikembangkan memiliki nilai validitas isi istimewa. Berdasarkan hasil uji coba panduan konseling dengan melibatkan subjek siswa, dilaporkan bahwa penggunaan panduan konseling singkat berfokus solusi dengan teknik miracle question efektif untuk menurunkan rata-rata skor kecemasan sosial siswa. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap optimalisasi pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama dalam upaya meminimalisasi kecemasan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan sosial, konseling singkat berfokus solusi, R&D |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | WAYAN PURWANI |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 05:47 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8590 |
Actions (login required)
View Item |