Yantiningsih, Ni Made Sarwi (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA PERSATUAN DALAM PERBEDAAN UNTUK SISWA KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041020-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041020-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (561kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (718kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041020-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen literasi sains dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D dari Thiagarajan (1974) yaitu define, design, develop dan disseminate. Tahap define adalah kegiatan untuk menentukan dan mendefinisikan kebutuhan di dalam proses pembelajaran serta mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk yang akan dikembangkan, Tahap design ini bertujuan untuk merancang suatu media yang dapat digunakan dalam instrumen literasi sains dan hasil belajar IPA dan Develop adalah kegiatan memvalidasi dan mengembangkan produk instrumen penilaian. Namun karena situasi di lapangan akibat pandemic Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk penelitian sampai tahap disseminate, maka penelitian hanya dilaksanakan sampai tahap develop. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VI SD sebanyak 50 orang siswa. Untuk menguji validitas instrument tes literasi sains menggunaan rumus kolerasi product moment dan untuk menguji validitas instrument tes hasil belajar menggunakan rumus kolerasi point baserial. Sedangkan uji reliabilitas instrument tes literasi sains menggunakan rumus Koefisien Alpha-Cronbach dan uji reliabilitas instrument tes hasil belajar menggunakan rumus K-R20.Hasil penelitian ini yaitu, (1) Dari 20 soal instrumen literasi sains yang diujicobakan, sebanyak 18 butir soal dinyatakan valid. (2) Dari 40 item butir soal hasil belajar IPA yang diujicobakan, sebanyak 37 butir soal dinyatakan valid. (3) Hasil uji coba reliabilitas butir soal instrument literasi sains diperoleh hasil r11 sebesar 0,797 atau r11 ≥ 0,80 (kategori tinggi). (4) Hasil uji coba butir soal hasil belajar IPA diperoleh r11 sebesar 0,87 atau r11 ≥ 0,80 (kategori tinggi).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian, Literasi Sains, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Made Sarwi Yantiningsih |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 02:39 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 02:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8592 |
Actions (login required)
View Item |