PENGEMBANGAN ANIMASI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SD N 2 KUBUTAHUN PELAJARAN 2020/2021

Esti Juniarti, Ni Nyoman (2021) PENGEMBANGAN ANIMASI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SD N 2 KUBUTAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031252-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031252-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHLUAN)
1711031252-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2KAJIAN TEORI)
1711031252-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031252-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031252-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031252-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031252-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031252-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan rancangan bangun pengembangan animasi sistem pencernaan manusia kelas V di SD N 2 Kubu Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) mendeskripsikan animasi sistem pencernaan manusia kelas V di SD N 2 Kubu tahun pelajaran 2020/2021 yang sudah teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Namun untuk tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dapat dilakukan karena keterbatasan sumber daya dan waktu. Adapun subjek pada penelitian ini adalah animasi sistem pencernaan manusia. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah validitas animasi sistem pencernaan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode koesioner yang diberikan kepada empat dosen yang ahli dalam bidangnya dan dua guru. Kemudian dalam uji validitas animasi sistem pencernaan manusia menggunakan rumus persentase untuk menyimpulkan deskripsi data kemudian dikonversikan ke dalam tabung skala lima. Hasil analisis data yang didapatkan 1) hasil review ahli materi pembelajaran sangat baik 95,71%, 2) hasil review ahli desain pembelajaran 94,60%, 3) hasil review ahli media pembelajaran 92,93%, 4) hasil uji coba perseorangan 100%. Berdasarkan persentase hasil validitas dari keempat uji ahlitersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan animasi sistem pencernaan manusia sudah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: animasi, sistem pencernan manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Esti Juniarti
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:06
Last Modified: 19 Oct 2021 07:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8613

Actions (login required)

View Item View Item