Pengelolaan Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri Satu Atap 3 Kubutambahan Buleleng Bali

Arjani, Luh Maeri (2021) Pengelolaan Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri Satu Atap 3 Kubutambahan Buleleng Bali. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071026-COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071026-ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071026-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1923071026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071026-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Arjani, Luh Maeri (2021), Pengelolaan Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri Satu Atap 3 Kubutambahan Buleleng Bali. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Drs. I Wayan Subagia, M.App.Sc., Ph.D., dan Pembimbing II: Dr. I Gusti Lanang Wiratma, M.Si Kata-kata Kunci: Pengelolaan, Pembelajaran IPA, SMP Satu Atap Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan pengelolaan pembelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri Satu Atap 3 Kubutambahan dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil belajar, dan pengawasan serta faktor – faktor yang memengaruhi dalam pengelolaan pembelajaran IPA. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru IPA, RPP, siswa, waka kurikulum, Kepala Sekolah, dan pengawas dari Disdikpora Kabupaten Buleleng. Data penelitian diperoleh dari observasi, studi dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan pembelajaran kelas VII di SMP Negeri Satu Atap 3 Kubutambahan belum optimal. (1) Proses perencanaan pembelajaran berupa penyusunan silabus tidak terlaksana, namun penyusunan RPP terlaksana yang berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran belum keseluruhan sesuai dengan RPP yang disusun, kegiatan inti telah terlaksana, sedangkan tahap pendahuluan dan penutup belum terlaksana, kegiatan praktikum tidak terlaksana karena sekolah belum memiliki laboratorium. (3) Proses penilaian hasil belajar pada aspek pengetahuan dan sikap telah terlaksana sesuai dengan RPP yang disusun, namun penilaian hasil belajar pada aspek keterampilan dalam melakukan praktikum tidak terlaksana sesuai dengan RPP yang digunakan. (4) Proses pengawasan pembelajaran telah dilakukan namun belum memenuhi frekuensi pengawasan ideal sesuai Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 pasal 2, huruf a, angka 14 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar. (5) Faktor yang mendukung proses pengelolaan pembelajaran diantaranya adalah keberadaan MGMP IPA yang membantu guru dalam penyusunan RPP, penerapan kurikulum darurat di masa pandemi Covid-19, adanya bantuan kouta dari pemerintah, ketersediaan aplikasi-aplikasi pembelajaran, serta daran guru atas kewajiban melaksanakanan pengelolaan pembelajaran. Faktor yang menghambat pengelolaan pembelajaran adalah kurangnya kegiatan guru mengikuti pelatihan kependidikan, kurangnya sarana dan prasaran sekolah, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, terdapat siswa yang tidak memiliki handphone untuk belajar, sinyal internet tidak stabil, sulit melakukan praktikum karena tidak memiliki laboratorium, jarak sekolah yang cukup jauh bagi pengawas, serta jadwal kerja pengawas yang padat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran IPA, SMP Satu Atap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Luh Maeri Arjani
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:29
Last Modified: 21 Oct 2021 07:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8677

Actions (login required)

View Item View Item