BARUS, ALDA SAKIA BR (2021) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 KUTA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021023-COVER.pdf.pdf Download (477kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021023-ABSTRAK.pdf.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021023-BAB 3 METODELOGI PENETIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021023-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021023-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021023-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (562kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik digital pembelajaran Fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Materi bahasan pada komik digital berbasis CTL yang dikembangkan adalah materi Usaha dan Energi sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pengembangan AM3PU3 menurut Santyasa. Uji lapangan tes kemampuuan berpikir kritis diuji cobakan untuk siswa kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan menggunakan one group pretest-postest design. Subjek penelitian pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terdiri dari 3 orang ahli materi pembelajaran, 3 orang ahli desain media pembelajaran, 5 orang guru fisika sebagai ahli praktisi, dan 40 orang siswa kelas X MIPA 1 sebagai sampel uji lapangan. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Validitas produk penelitian memperoleh rata-rata tanggapan sebesar 3,21 dengan kriteria valid dengan perolehan persentase angket tanggapa ahli sebesar 80,26% dengan kualifikasi baik dan direvisi seperlunya; 2) Media pembelajaran komik digital diyatakan praktis dengan: a) hasil angket respon guru yang berkualifikasi sangat positif dengan perolehan rata-rata total skor 3,58 yang memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase perolehan skor 89,5%, b) hasil angket respon siswa berkualifikasi positif dengan perolehan skor rata-rata 84,2 yang memenuhi kriteria valid; 3) Media pembelajaran komik digital dinyatakan efektif dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,15 dan ketuntasan sebesar 90%. Rata-rata skor postest yaitu 85,15 yang berarti telah melebihi nilai KKM yaitu 70. Media pembelajaran komik digital berbasis CTL yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas, kepraktisan dan efektifitas komik. Komik digital yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Digital, Contextual Teaching and Learning (CTL), dan Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Alda Sakia Br Barus |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 06:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8683 |
Actions (login required)
View Item |