PENGEMBANGAN TES TERTULIS BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN GOOGLE FORM SISWA KELAS IV SD SEMESTER GANJIL GUGUS III KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Baskara, Gede Weda (2021) PENGEMBANGAN TES TERTULIS BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN GOOGLE FORM SISWA KELAS IV SD SEMESTER GANJIL GUGUS III KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031248-COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text (ASBTRAK)
1711031248-ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031248-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031248-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031248-BAB 3 METODLEOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031248-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031248-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031248-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031248-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrument penilaian hasil belajar pada mata pelajaran IPA pada semester ganjil siswa kelas IV sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, (1) analyze (analisis), (2) design (perencanaan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrument yang digunakan untuk menilai hasil belajar IPA yaitu dengan tes pilihan ganda. Selanjutnya data yang didapat dianalisis validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil dari analisis menunjukan bahwa validitas instrument hasil belajar sebesar 0,96 dan hasil dari reliabilitas instrument sebesar 0,76. Hal ini menunjukan bahwa hasil validitas instrument hasil belajar IPA berada pada kreteria “sangat tinggi”. Kemudian hasil reliabilitas instrument hasil belajar IPA berada pada kreterian “tinggi”. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan instrumen ini sudah layak digunakan sebagai alat evaluasi pada aspek kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen hasil belajar IPA, model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gede Weda Baskara
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:58
Last Modified: 18 Oct 2021 02:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8688

Actions (login required)

View Item View Item