Pengaruh Pendekatan Kooperatif Tipe Picture and Picture Dengan Teknik Tanya Jawab Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019

Yunita, Ni Putu (2019) Pengaruh Pendekatan Kooperatif Tipe Picture and Picture Dengan Teknik Tanya Jawab Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511031425-COVER.pdf

Download (796kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511031425-ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031425-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031425-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031425-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031425-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031425-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031425-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511931425-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Picture and Picture dengan teknik tanya jawab terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus I Mengwi tahuan ajaran 2018/2019 yang berjumlah 187 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam peelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 2 Cemagi dengan jumlah 33 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD No. 2 Pererenan dengan jumlah 30 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan instrument berupa tes uraian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,702 dan ttabel = 2,000 untuk dk = n1 + n2 – 2 = 61 dengan taraf signifikansi 5% karena thitung > ttabel (3,702 > 2,000). Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Indonesia kelompok eksperimen = 75,59 dan kelompok kontrol = 65,90. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dengan teknik tanya jawab berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi tahun ajaran 2018/2019. Kata-kata kunci : model pembelajaran kooperatif, tipe picture and picture, teknik tanya jawab, keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, tipe picture and picture, teknik tanya jawab, keterampilan menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Yunita
Date Deposited: 27 Oct 2019 11:18
Last Modified: 27 Oct 2019 11:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item