PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS LOMPA BATANG KECAMATAN MELAYA

Yantini, Ni Putu Mia Ari (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS LOMPA BATANG KECAMATAN MELAYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031063-COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031063-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031063-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa kelas IV Gugus Lompa Batang Kecamatan melaya pada materi pokok pecahan yang validitas dan reabilitas yang teruji. Pengembangan instrumen penilain hasil belajar ini dalam prosesnya berpedopan pada model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap (1) analyze (analisis), (2) design (perencanaan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Subjek dalam uji coba penelitian ini adalah 2 orang pakar ahli dalam bidang matematika dan 3 kelompok uji kelompok kecil yang terdiri dari 9-12 orang disetiap kelompok. Objek dari penelitian ini adalah instrumen penilaian hasil belajar matematika. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode tes pilihan ganda. Hasil dalam penelitian ini dianalisis dengan rumus Gregory untuk mendapatkan hasil uji validitas isi, yang mendapat hsil sebesar 1,00 dengan kualifikasi sangat tinggi. Uji validitas butir soal menggunakan rumus validitas penggunaan korelasi biserial memberikan hasil bahwa dari 20 butir soal, 18 butir dinyatakan valid dan 2 butir soal dinyatakan tidak valid. Berdasarkan sbutir yang telah dinyatakan valid, dilakukan uji reabilitas instrumen dengan rumus Kuder Richardson (KR20) mendapatkan hasil reabilitas = 0,861 dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Sehingga berdasarkan analisis tersebut instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar Gugus Lompa Batang Kecamatan melaya sudah melalui uji coba ahli pakar dan uji coba dengan siswa dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses penilaian di sekolah dasar terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, hasil belajar, matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Mia Ari Yantini
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:00
Last Modified: 18 Oct 2021 03:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8691

Actions (login required)

View Item View Item