Berlianthy, A.A. Istri Diah (2021) ANALISIS KEBUTUHAN PENGINTEGRASIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA TES FORMTIF DAN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613031027-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031027-ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031027-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perlu tidaknya pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada tes formatif kimia kelas X di SMA Negeri Kecamatan Banjar, (2) perlu tidaknya pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada tes sumatif kimia kelas X di SMA Negeri Kecamatan Banjar, dan (3) kebutuhan dalam menyusun tes formatif dan tes sumatif terintegrasi dengan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan asesmen kebutuhan dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kimia, siswa kelas X, Kurikulum 2013, dan dokumen nilai siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pemberian angket, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada tes formatif sangat dibutuhkan dalam penilaian khususnya materi kimia, (2) pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada tes sumatif sangat dibutuhkan dalam penilaian khususnya materi kimia, (3) kebutuhan dalam menyusun tes formatif dan sumatif terintegrasi keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah yaitu kemampuan dalam menyusun tes, spesifikasi tes, indikator soal, stimulus yang konstektual dan menarik, kisi-kisi soal, dan kriteria tes yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kebutuhan, keterampilan berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, tes formatif, tes sumatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | ANAK AGUNG ISTRI DIAH BERLIANTHY |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:47 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8699 |
Actions (login required)
View Item |