ANALISIS KEBUTUHAN PENGINTEGRASIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA TES FORMTIF DAN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA

Berlianthy, A.A. Istri Diah (2021) ANALISIS KEBUTUHAN PENGINTEGRASIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH PADA TES FORMTIF DAN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613031027-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613031027-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613031027-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perlu tidaknya pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada tes formatif kimia kelas X di SMA Negeri Kecamatan Banjar, (2) perlu tidaknya pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada tes sumatif kimia kelas X di SMA Negeri Kecamatan Banjar, dan (3) kebutuhan dalam menyusun tes formatif dan tes sumatif terintegrasi dengan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan asesmen kebutuhan dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kimia, siswa kelas X, Kurikulum 2013, dan dokumen nilai siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pemberian angket, wawancara, dan studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada tes formatif sangat dibutuhkan dalam penilaian khususnya materi kimia, (2) pengintegrasian keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah pada tes sumatif sangat dibutuhkan dalam penilaian khususnya materi kimia, (3) kebutuhan dalam menyusun tes formatif dan sumatif terintegrasi keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah yaitu kemampuan dalam menyusun tes, spesifikasi tes, indikator soal, stimulus yang konstektual dan menarik, kisi-kisi soal, dan kriteria tes yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis kebutuhan, keterampilan berpikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, tes formatif, tes sumatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: ANAK AGUNG ISTRI DIAH BERLIANTHY
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:47
Last Modified: 18 Oct 2021 02:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8699

Actions (login required)

View Item View Item