PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN SETTING LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Arisnanda, Gusti Made Agung Krisna (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN SETTING LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511031311-COVER.pdf

Download (457kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511031311-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031311-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031311-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031311-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031311-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031311-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031311-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511031311-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle (IOC) dengan Setting Lesson Study terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Gugus XIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus XIII yang berjumlah 105 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN 1 Banjar Tegal yang berjumlah 27 orang sebagai kelompok eksperimen dan SDN 1 Baktiseraga yang berjumlah 27 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang berjumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah (uji-t) polled varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model Inside Outside Circle dengan Setting Lesson Study dan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model Inside Outside Circle dengan Setting Lesson Study dengan thitung = 5,22 > ttabel = 2,00. Ini berarti bahwa model Inside Outside Circle dengan Setting Lesson Study berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus XIII Kecamatan Gerokgak tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: IOC, lesson study, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: IOC, lesson study, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Made Agung Krisna Arisnanda
Date Deposited: 27 Oct 2019 22:47
Last Modified: 27 Oct 2019 22:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item