Pengembangan Media Permainan Bola-Bola Wol Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Membilang Di Tk Negeri Desa Pedawa

Febiantari, Made Rininta (2021) Pengembangan Media Permainan Bola-Bola Wol Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Membilang Di Tk Negeri Desa Pedawa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061056-COVER.pdf

Download (719kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061056-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061056-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media permainan bola-bola wol yang valid. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation) yang dikembangkan oleh Molenda dan Reiser (2003) sebagai pengembangan media permainan bola-bola wol untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam membilang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur tingkat validitas media permainan bola-bola wol yaitu berupa angket penilaian yang dinilai oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Adapun hasil data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Gregory. Hasil yang diperoleh setelah melakukan analisis pada media permainan bola-bola wol yaitu, dinyatakan valid dari para ahli dengan rata-rata nilai pada ahli materi 0,7 dan nilai pada ahli media 0,75. Jadi pengembangan media permainan bola-bola wol untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam membilang di TK Negeri Desa Pedawa mendapatkan hasil validitas tinggi. Setelah mendapatkan hasil perolehan uji validitas dan reliabilitas, peneliti melakukan uji kelayakan media pada 3 orang ahli, yang terdiri dari seorang dosen dan dua orang guru pengajar di TK Negeri Desa Pedawa. Hasil uji kelayakan dari 3 orang ahli, diperoleh rata-rata 4 berada pada kategori sangat baik. Maka dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan media permainan bola-bola wol layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam membilang di TK Negeri Desa Pedawa sangat baik dikembangkan dan digunakan untuk anak kelompok B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media permainan bola-bola wol, kemampuan kognitif anak dalam membilang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Made Rininta Febiantari
Date Deposited: 19 Oct 2021 00:36
Last Modified: 19 Oct 2021 00:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8739

Actions (login required)

View Item View Item